Minggu, 21 Juni 2009

LANGSING DAN SEHAT

Badan sehat dengan bentuk ideal, tidak gemuk dan tidak pendek, tetapi tidak juga kurus dan tidak terlalu tinggi, orang bilang tubuh ideal dan proporsional. Banyak yang menanyakan bagaimana mengatasi masalah bentuk tubuh yang terkadang membuat stres, khususnya bagi para perempuan. Beberapa nasehat secara ilmiah maupun secara tradisional sudah dilakukan, namun kurang berhasil, sampai ada yang menyalahkan kurang jelasnya aturan yang disampaikan oleh para ahli atau cara mengkonsumsi ramuan tradisionil pada kemasan jamu atau obat pelangsing. Bagaimana sesungguhnya diet yang tepat dan olah raga yang benar?

Pada prinsipnya postur tubuh dapat diatur dengan pola makan dan pola olah raga yang tepat, dalam pengertian jenis makanan serta jenis gerakan sangat menentukan. Jenis makanan pokok tetap harus terpenuhi dengan baik dan jumlah kalori juga harus optimal. Jenis gerakan atau olah raga menentukan bentuk tubuh pula. Bila gerakan yang difokuskan untuk mengencangkan perut dan paha, maka di daerah tersebut dilakukan banyak aktivitas gerakan yang lebih dari pada organ yang lain. Tapi jangan heran kalau daerah sekitar paha dan perut yang mengecil akan tertimbun lemak cukup banyak, karena tubuh akan beradaptasi untuk selalu berjaga-jaga menyediakan energi dengan cepat pada daerah yang banyak aktivitas. sehingga orang akan mudah membentuk bagian mana yang ingin kecil dan bagian mana yang diharapkan besar. Bila ingin kecil bagian tertentu lakukan gerakan maksimal dan kontraksi rutin pada daerah yang diharapkan mengecil, namun bila ingin memperbesar bagian tertentu, lakukan gerakan pada daerah sekitarnya, bukan pada daerah sasaran. Misal ingin membesarkan payudara, .yang banyak dilakukan aktivitas adalah gerakan bahu dan lengan. Berbeda sasaran untuk melangsingkan perut, daerah sasaran banyak gerak harus perut itu sendiri yang dilakukan banyak gerakan.

Contoh makanan pokok yang harus dikonsumsi setiap hari dengan cukup : ( porsi normal masing-masing orang berbeda )
- Karbohidrat ( tiap hari 3 x 1 porsi nasi )
- Protein ( minimal satu hari 1 - 3 telur ayam )
- Lemak ( minimal satu hari sepotong daging 50 gram
- Air ( minimal 1 hari 2 - 3 liter )
- Vitamin ( dari sayur dan buah, sudah terakumulasi semua jenis vitamin )
- Garam mineral ( semua jenis garam mineral juga terakumulasi dari sayur dan buah )

Jenis gerakan untuk mengecilkan perut dan kencangkan paha:
- Sit-up
- Kayang
- Lari
- Berenang
- Jongkok-berdiri
- dll

Jens gerakan membesarkan payudara :
- Putarkan kedua lengan
- Gerakkan bahu memutar
- dll


Dengan demikian langsing dan sehat dapat dilakukan dengan diet yang diartikan rutin makan dan rutin olah raga dengan teratur dan taat dengan jenis makanan dan jenis gerakan. Dan hasil yang di dapat adalah tubuh ideal . . . langsing dan sehat. Gampang bukan?


3 komentar:

  1. i wow. . .
    tapi kalo udah keturunan pendek gimana tuh bu??? Masih bisa tinggi ngga?

    Soalnya aku berenang tapi ngga tinggian. . . padahal udah seminggu sekali dan teratur.

    BalasHapus
  2. Hai sayang . . . makasih dah hadir di Blog Bu Dami, Hmmmm . . . memang benar ada keturunan dengan gen pendek dan ada keturunan gen tinggi,tapi terkadang gen tinggi baru muncul atau berfungsi saat ada gen pendukungnya yang aktif dan antara gen tinggi dan pendukungnya harus muncul bersamaan. Bila gen tinggi muncul sendirian tanpa ada gen pendukungnya . . .maka tetap akan muncul pendek. Peristiwanya disebut Gen Komplementer.

    Misal gen tinggi lambangnya AA , dan pendukung tinggi namanya gen BB, bila seseorang memiliki gen AAbb tetap nampak sifat pendek, karena tidak muncul bersama BB. Demikian juga kalau memiliki gen aaBB juga akan muncul sifat pendek. Jadi orang akan tinggi kalau memiliki gen AaBb atau lebih bagus AABB. ( asal ada gen A dan gen B yang muncul bersamaan akan nampak tinggi ). Sementara gen pendukung ( BB )terkadang munculnya tidak selalu serentak berfungsi bila bertemu dengan gen AA, nah ini yang menjadi peluang bagi orang yang memiliki sifat pendek masih ada peluang tinggi, bila ada peristiwa gen komplementer. Ok? . . .materi ini akan dibahas kelas XII IPA nanti . . .heeeee . . .

    BalasHapus
  3. Ok buuuuuuuuuuu. . .
    saia udah ngarti dikit".

    hehe
    makasih ya buuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuu!!

    BalasHapus