Jumat, 06 Februari 2009

DAUN BERBULU SAMA DENGAN ULAT BULU

Kulit tubuh kita sensitif dengan bulu-bulu halus yang menyebabkan gatal. terkadang sampai muncul bentol-bentol merah dan merata disekujur tubuh. Apakah setiap bulu pada hewan atau pada tumbuhan dapat menyebabkan gatal? Bila pertanyaan ini muncul dari seorang anak SD yang masih kecil, pastilah kita akan mengatakan pertanyaan bagus sekali, dan kalau kita seorang guru pasti akan memberikan penjelasan sedemikian rupa agar anak mampu memahami apa yang kita bicarakan ( penjelasan disesuaikan daya tangkap dan daya nalar anak ), karena kebetulan baru saja saya melihat anak kecil kulit memerah dan gatal-gatal dan melihat saya langsung bertanya, padahal saya tidak mengenal anak itu, mungkin dia membaca wajah saya pasti ada jawabannya. Wah anak kecil pinter meramal..... dan inilah penjelasan saya.

Sebenarnya daun berbulu dan ulat bulu yang menyebabkan gatal adalah bila bulu-bulu muncul dari bagian dalam atau pada jaringan epidermis dimana pada jaringan itu menghasilkan zat racun dan bila bulu-bulu itu menusuk pori-pori kulit kita, pasti racun itu akan menyatu dengan darah, meskipun sangat sedikit, racun itu tetap akan dibawa darah muter-muter keseluruh tubuh sebagai zat asing, akibatnya darah berusaha menetralisir racun itu, terkadang darah kalah, maka darah mati dan nampak merah pada kulit. Rasa gatal akibat perubahan suhu yang sangat cepat pada darah meskipun sangat rendah perubahannya tetap akan mengakibatkan gatal-gatal pada kulit, karena pada kulit terdapat saraf peraba, apa lagi proses pada kulit tidak jelas terdeteksi oleh saraf peraba, justru rasa gatal makin menjadi-jadi, dan bila kita garuk akan terasa puas karena dengan kita garuk, akan muncul panas pada kulit, dan bila salah satu ujung saraf peraba dapat mendeteksi, maka rasa gatal akan sembuh atau hilang.

Kalau bulu-bulu yang merupakan modifikasi kutikula daun demikian juga pada ulat, bulu-bulu itu pasti tidak menyebabkan gatal. Seandainya ada rasa gatal sebenarnya hanya seperti gatal kalau kita usai potong rambut ada potongan rambut yang kecil-kecil mengakibatkan gatal-gatal yang tidak akan menimbulkan bentol-bentol. ( sebenarnya risih dengan bulu-bulu atau potongan rambut yang terkadang nusuk-nusuk kulit kalau kita kibaskan, dan tersa seperti gatal ).

Selanjutnya, waspadai ulat bulu yang bulu-bulunya sulit lepas pasti gatal, tetapi bulu ulat yang mudah lepas dan ulat menjadi gundul justru tidak mengakibatkan gatal walau terkadang bulu berwarna-warni menggelikan dan mengerikan. Demikian juga bulu-bulu pada tanaman, yang sulit lepas biasanya mengakibatkan gatal dan panas pada kulit, bagi yang tidak tahu akan menuduh ulat bulu penyebabnya. Tanaman yang bulu-bulunya mudah lepas tidak menyebabkan gatal. Jadi..... ulat bulu sama dengan bulu-bulu pada daun, dalam pengertian cara membela diri dengan bulu-bulunya..... dan kita tidak takut sekarang, karena kita bisa waspada bila berada di perkebunan atau berada di dekat tanaman. Yang senang berkebun sebaiknya anda tahu!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar