Sabtu, 14 Februari 2009

SEDIH TANPA SEBAB

Setiap orang pernah merasakan, tiba-tiba merasa sedih dan tidak nyaman, namun penyebabnya tidak jelas. Terkadang merasa heran, mengapa bisa sedih dan terasa sangat mengusik hati. Ada yang mengatakan hal itu sebagai firasat kurang baik / akan terjadi hal-hal yang tidak menyenangkan, dan biasanya membatalkan bepergian bila ada perasaan tidak enak seperti itu.

Apa sesungguhnya sedih yang tanpa sebab itu? Proses metabolisme dalam tubuh ada pembentukan energi untuk aktivitas ( pada proses sintesa protein ), bila pada proses itu terjadi gangguan yang mengakibatkan terbentuknya protein yang tidak tepat atau tidak sesuai dengan yang seharusnya dibuat, maka akan membuat kinerja tubuh kurang baik pula lalu muncul rasa yang kurang nyaman atau gelisah yang tidak jelas dan datang tiba-tiba.

Bila dalam tubuh terasa tidak nyaman untuk melakukan aktivias, yang disebabkan energi yang tersedia atau protein hasil sintesa tidak tepat, sebaiknya kurangi bekerja yang berhubungan langsung dengan orang lain, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan ( marah, kasar, perselisihan, atau salah pengertian ). Energi yang kurang baik itu bila digunakan untuk aktivitas akan terekspresikan kasar dan penuh emosi, kerja refleks lebih cepat tetapi rasa tidak nyaman makin menjadi-jadi. Bila energi yang tidak baik sudan digunakan semua, dan yang tersedia dalam tubuh hanya energi yang dibuat secara benar ( tidak ada yang salah ), maka aktivitas tubuh akan kembali normal, rasa sedih atau gelisah yang tidak jelas itu akan hilang dengan sendirinya.

Agar energi yang terbentuk pada proses metabolisme itu selalu baik, dalam beraktivitas biasakan jangan memforsir diri dalam pengertian, ada istirahat dan makan yang cukup dengan gisi dalam jumlah cukup pula. Baca kondisi tubuh sendiri, dan berusaha mengetahui apa yang terjadi dalam tubuh agar segala sesuatu yang kita lakukan tidak menimbulkan perselisihan diantara kita, dan hati-hati terutama bila merasa ada rasa tidak nyaman sangat jelas yang penyebabnya tidak jelas.

2 komentar:

  1. betul tu kadang2 saya pun rasa tiba2 sedih..tak tahu apa sebabnya..

    BalasHapus
  2. Saya suka sekali artikelnya
    saya sedang melakukan penelitian bagaimaca cara menyembuhkan ketakutan berlebihan, kepanikan yang tiba-tiba datang atau kecemasan berlebihan metode terapi kami menurut banyak orang sangat bagus
    untuk menghilangkan gangguan kecemasan Klik DISINI cara menyembuhkan kecemasan berlebihan

    BalasHapus