Kamis, 05 Februari 2009

MAU TIDUR DI KELAS ???

Banyak memikirkan sesuatu dan memforsir diri untuk bekerja atau melakukan kegiatan yang diluar batas kemampuan tubuh, akan membuat lelah atau capai, dan otomatis akan terasa mengantuk yang tak terkendali, bila memaksakan diri untuk melanjutkan kegiatan akan terasa berat untuk membuka mata. Bagi siswa akan menjadi beban yang sangat menakutkan bila mengantuk di kelas, dan obat ngantuk adalah tidur.
Hampir tiap hari ada tugas atau pekerjaan rumah yang harus dikerjakan siswa, sementara siswa punya program sendiri diluar kegiatan sekolah. Lalu apakah ada dispensasi untuk siswa yang benar-benar memiliki daya tahan tubuh kurang maksimal untuk tidur sesaat di kelas atau di UKS atau diberi kesempatan mengatasi rasa kantuknya itu agar dapat mengikuti pelajaran dengan baik? Bila memaksakan diri mengikuti pelajaran sambil mengantuk tidak ada manfaatnya, yang ada hanya menambah masalah, sementara tidak ada dispensasi untuk tidur disekolah kecuali yang sakit boleh istirahat sebentar di UKS ( tidak untuk seharian, karena kalau sakit yang berat harus berobat atau pulang ).
Agar tidak mengantuk di sekolah, secara sederhana dapat dilakukan dengan cara membangunkan seluruh sel tubuh alias berolah raga pada pagi hari ( setelah bangun tidur ). Bisa menggerakkan badan / yang pasti seluruh badan ikut bergerak ( berenang atau lari ditempat ), tidak perlu lama tetapi yang diperlukan adalah yakinkan bahwa seluruh sel tubuh sudah bangun, karena sesungguhnya saat kita bangun tidur belum tentu sel-sel tubuh seluruhnya sudah bekerja dengan baik, apa lagi bila badan terlalu capai. Bila kita lakukan denga baik, maka setiap sel tubuh menghasilkan energi yang siap dipakai untuk beraktivitas, badan terasa ringan dan yang pasti tidak mengantuk.
Rasa kantuk dapat disebabkan karena energi yang akan digunakan untuk aktivitas belum cukup, dan saraf para simpatik akan memperlambat kerja sistem organ tubuh, badan terasa berat dan lemas, tetapi bila kita bangunkan sel-sel tubuh dengan olah raga pagi, maka energi akan cukup untuk beraktivitas, saraf simpatik yang memacu kerja semua sistem organ.... dan hasilnya selamat tinggal kantuk dan selamat mengikuti pelajaran di sekolah tanpa harus mengantuk. ( Lalu tidur di kelas...? ? ? .... Tidak... lah ....yauuu atau Iya... dong..... yukkkk??? )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar