Selasa, 17 Februari 2009

VEGETARIAN DAN DIET

Badan sehat jiwa sehat adalah harapan setiap orang. Bagaimana membuat tetap sehat sama sulitnya dengan menyembuhkan badan dari sakit menjadi sehat. Berusaha dan mencoba selalu dilakukan setiap orang agar memiliki tubuh yang sehat kuat sehingga dapat berbuat sesuatu tidak tergantung orang lain. Bila kondisi kurang sehat akan melakukan hal yang sama yaitu berusaha dan mencoba atau berbuat sesuatu dengan satu tujuan segera sembuh dari sakit.

Makanan sangat menentukan kesehatan kita, terlebih sayur mayur sangat kaya akan komponen yang diperlukan tubuh. Banyak orang tidak suka sayur, karena sulit untuk menyiapkannya, lama dan repot mengkonsumsinya, banyak juga yang ingin membentuk tubuh menjadi ideal dengan mengkonsumsi sayur dan buah yang sering disebut vegetarian. Ada yang berhasil membentuk tubuh menjadi berseri dan sangat ideal dalam arti tidak gemuk dan tiddak juga kurus dengan vegetarian, namun ada pula yang tidak berubah dengan ber- diet, badan tetap gemuk.

Perlu disadari bersama, bahwa pada sayur mayur dan buah-buahan terkandung seluruh komponen yang diperlukan tubuh, ada protein, ada lemak ada karbohidrat ada vitamin - vitamin, bila kita tidak bisa ukur jumlah kalori yang terkandung pada setiap komponen sayur atau buah maka tidak ada pengaruhnya dan tidak ada jaminan badan langsing dan ideal, hanya dengan tidak makan daging, juga yang diet karena sakit, jenis makanan yang ditentukan dan makanan yang di pantang atau tidak boleh dimakan harus diinformasikan pada pasien dengan sejelas-jelasnya. Biasanya ukuran atau takaran makanan yang boleh dimakan tidak jelas, pasien hanya menaati makanan yang tidak boleh dimakan saja, dan memakan makanan yang boleh dimakan dengan takaran bebas. Lalu kapan akan sembuh, bila zat yang dipantang juga ada pada makanan yang dikonsumsi?

Diet sering disalah artikan oleh masyarakat sebagai pengurangan porsi makan untuk membentuk badan ideal atau langsing. padahal arti sesungguhnya diet adalah makanan yang disediakan secara khusus pada pasien, bisa jenis makanannya, bisa porsi atau banyaknya, bisa pantangannya. Dan dalam diet tidak selalu mengurangi porsi yang dimakan, tetapi bisa juga menambah jenis dan menambah porsi yang harus dimakan.

Kesimpulannya, diet maupun vegetarian adalah salah satu cara untuk membentuk tubuh sehat agar dapat beraktivitas lebih baik, bukan untuk menjadi langsing atau bentuk badan ideal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar