Minggu, 15 Februari 2009

LAKUKAN APA YANG DIKATAKANNYA

Kita hidup selalu bersama dengan orang lain, dan semakin banyak orang yang ada disekitar kita semakin kita tergantung atau terikat untuk melakukan sesuatu. Dalam kelompok atau perkumpulan secara formal ataupun nonformal, pasti ada seorang pemimpin atau koordinator yang dipilih atau ditunjuk dengan berbagai cara, yang penting adanya pemimpin bertujuan untuk kebaikan bersama.

Menjadi pemimpin yang baik sama beratnya dengan menjadi anggota yang baik, karena adanya pemimpin harus ada anggota, dan menjadi pemimpin yang baik hendaknya mendengarkan suara anggotanya demikian juga menjadi anggota yang baik hendaknya mendukung atau memberi masukan yang baik untuk pemimpin agar organisaasi berjalan dengan baik. Demi kemajuan bersama hendaknya jangan melihat siapa yang berbicara, tetapi dengarkan apa yang dikatakan. Banyak hal baik dikatakan orang yang mungkin memiliki kepribadian kurang baik. Tidak sedikit orang baik atau pemimpin utama yang mengatakan atau mengemukan hal yang kurang baik atau kurang bermanfaat. bagaimana menyikapi keadaan yang demikian?

Lakukan yang terbaik yang semestinya dilakukan dan jangan melihat siapa yang mengatakannya. Pemimpin dan anggota hendaknya dapat dengan jeli menyikapi apa saja rencana dan program yang telah disepakati. Berhasil atau belum berhasil dalam pelaksanaannya nanti jangan pernah menengok lagi siapa yang mengusulkan atau siapa yang mengatakan kala itu. Kebanyakan kegagalan tidak disikapi secara dewasa, dan hanya mencari siapa yang salah, padahal mestinya mencari solusi bagaimana cara menyelesaikan kendala yang ada agar segala sesuatunya dapat berhsil sesuai tujuan dan strategi apa yang dapat digunakan untuk mencapai sebuah tujuan mulia untuk kebahagian dan kepuasan bersama tentunya.

Selama ada oknum yang hanya mencari siapa yang salah atau mencari kambing hitam dalam arti pembenaran diri, maka tidak akan pernah ada kemajuan dalam suatu organisasi atau kelompok kerja apapun. mencari solusi lebih baik dari pada menempatkan diri sebagai hakim atau menentukan siapa yang salah.

Sesuatu dapat dilakukan dengan baik dalam organisasi bila semua fokus pada rencana dan pelaksanaan yang matang bukan alergi pada siapa yang bicara atau menolak sebelum memahami apa yang dikatakan seseorang hanya karena suka dan tidak suka. Bisa kita sadari bersama bila mau maju.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar